makh
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kegiatan » Ira Kristina: Sebenarnya Melakukan Penilaian Keterampilan Tidak Sulit

Ira Kristina: Sebenarnya Melakukan Penilaian Keterampilan Tidak Sulit

(911 Views) March 16, 2021 10:37 am | Published by | Comments Off on Ira Kristina: Sebenarnya Melakukan Penilaian Keterampilan Tidak Sulit

PPIB.OR.ID | Gebrakan PPIB atau Gerakan Berbagai Seputar Pendidikan yang digelar setiap pekan, pada Sabtu (13/3/2021) lalu menampilakn dua srikandi dari Kota Malang, Jatim. Keduanya adalah Ira Kristina, S.Pd. selaku narasumber dan Anna Tri Rusmiati, S.Pd. sebagai moderator.

Tema yang diusung yaitu Tips dan Trik Membuat Rubrik Penilaian Keterampilan. Mengawali paparannya Ira Kristina, S.Pd. (Ketua MGMP PPKn MTs Kota Malang yang juga Pengurus PP PPIB) mengungkapkan bahwa penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data atau informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Selanjutnya ia menggarisbawahi bahwa ketika ada niat yang serius untuk melakukan penilaian keterampilan maka alangkah bijaknya apabila guru memiliki rubrik penilaian. Rubrik penilaian itu ada beberapa macam.

“Ada berupa unjuk kerja/praktek, kemudian produk, proyek, dan terkahir portofolio,” ujar Ira. Menurutnya setiap guru dapat memilih dan menentukan jenis penilaian mana yang akan digunakan dan sebaiknya ditentukan sebelum pembelajaran. “Tentunya yang paling cocok dengan KD dan tujuan pembelajaran,” terangnya.

Ira menjelaskan secara rinci mengenai berbagai macam rubrik penilaian keterampilan. Tak ketinggalan ia memberikan contoh-contoh yang menarik dari penilaian keterampilan.

Berikut tayangan lebih lengkap video webinar.

Dokumen webinar:

  1. Sertifikat. Klik di sini.
  2. Materi PPT. Klik di sini.
  3. Contoh hasil penilaian keterampilan. Klik di sini.

Comment Closed: Ira Kristina: Sebenarnya Melakukan Penilaian Keterampilan Tidak Sulit

Sorry, comment are closed for this post.