makh
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kegiatan » Webinar Menulis Opini di Surat Kabar bagi Guru

Webinar Menulis Opini di Surat Kabar bagi Guru

(676 Views) March 6, 2021 9:14 am | Published by | Comments Off on Webinar Menulis Opini di Surat Kabar bagi Guru

PPIB.Or.Id .- Sedikitnya 150 pendidik dari berbagai tanah air mengikuti kegiatan Webinar Menulis Opini Untuk Surat Kabar, yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pendidik Insan Bangsa (PPIB), melalui PPIB TV Channel, Sabtu (6/2/2021).

Tampil selaku narasumber yaitu Deni Yudiawan, M.M. wartawan senior HU. Pikiran Rakyat yang juga Dewan Pembina/Pengawas PPIB.

Ketua umum PPIB yang bertindak selaku moderator mengatakan tujuan dilaksanakan webinar tersebut terutama untuk menambah wawasan para pendidik dalam penulisan opini. Selain itu juga, kemampuan dari para pendidik diharapkan dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi.

”Webinar kali ini mengangkat tema yang menarik. Kiat mudah menulis opini di surat kabar dengan narasumber sosok yang kompeten di bidang penulisan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Deni Yudiawan menekankan bahwa untuk menulis opini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Jadi substansi dari opini adalah isu yang aktual. Akan lebih menarik mengandung kontroversi, dan memenuhi unsur kebaruan. Selain itu pastikan orisinil, materi menyangkut kepentingan masyarakat luas, topik yang dibahas tak bertentangan dengan aspek etis, sosiologis, yuridis, dan ideologis,” ujarnya.

Deni menambahkan tulisan untuk opini musti singkat, utuh, dan tuntas. Tak kalah penting harus disajikan dengan bahasa yang baku, mudah dicerna, dan komunikatif.

Selanjutnya trainer bersertifikasi google ini memaparkan sejumlah bahan yang dapat dijadikan sebagai ide tulisan. Pengalaman pribadi, hobi, biografi, peristiwa aktual, dan kejadian khusus seperti perayaan hari merupakan sebagai sumber ide menulis opini. “Misalkan KLB Demokrat yang saat ini sedang trending topik dapat menjadi sumber tulisan,” ungkap alumnus Unpad ini.

Di akhir paparan Deni memberikan tips bagaimana cara mengirim opini pada surat kabar. “Media biasanya memberikan honorarium yang lumayan untuk tulisan yang dimuat. Jika seminggu sekali dimuat, kan lumayan untuk penghasilan tambahan,” pungkas Deni.

***

Dokumen webinar:

  1. CV Narasumber. Klik di sini.
  2. Materi “Beropini di Surat Kabar. Klik di sini.
  3. Sertifikat peserta. Klik di sini.
Tags: , , ,
Categorised in:

Comment Closed: Webinar Menulis Opini di Surat Kabar bagi Guru

Sorry, comment are closed for this post.