makh
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel » Tak Ada Kata Terlambat untuk Menulis

Tak Ada Kata Terlambat untuk Menulis

(427 Views) October 13, 2020 6:08 am | Published by | Comments Off on Tak Ada Kata Terlambat untuk Menulis

Oleh: Hj. Kahfi Sabariah,  M.PFis. 
Guru MAN 2 Jakarta & Bendahara Umum PPIB 

Satu bulan ini sejak aktivitas di rumah karena lockdown, aku mencari cari kegiatan apa yang harus kuhasilkan selama 1 bulan ini.  Aku mencoba menelpon temanku yang sudah mengunggah tulisannya di blog. Ada rasa cemburu kenapa temanku bisa melakukan hal itu, sedangkan aku belum bisa. Akhirnya kucoba bertanya tanpa malu karena aku salut dengan teman-teman yang sedikit bicara tapi menghasilkan sesuatu yang besar. Alhamdulillah aku mendapatkan link grup untuk menulis.

Tanpa pikir panjang aku segera mendaftar untuk mengikuti seminar lewat online. Alhamdulillah masih ada tulisan yang kusimpan dan ada beberapa ide yang masih dikepalaku dan harus kutuangkan dalam bentuk tulisan. Jika sudah ada wadah yang menampung mengapa tidak kita mengembangkan diri? Tidak ada kata terlambat, daripada tidak sama sekali.

Hari pertama online  ini kudapatkan informasi ternyata banyak tulisan para guru baik artikel atau sejenisnya yang tidak layak untuk diterbitkan. Kemudian setelah pelatihan dan mendapatkan ilmunya, mereka sudah banyak menerbitkan buku yang layak dipublish.

Dalam pelatihan online inipun sudah kudapatkan ilmu yang tidak pernah kupunya sebelumnya.  Bagaimana menulis, kesalahan apa saja saat penulisan,  cara menghitung kata, bahkan mengecek apakah tulisan yang dibuat mengandung unsur plagiat atau tidak.

Sebenarnya pengalaman kita sangat banyak untuk dituangkan dalam tulisan. Hanya saja terkadang kita belum peduli. Muncul di benak kita pertanyaan.  Apakah hal itu harus ditulis? Mengapa ditulis? Apa alasannya?  Di samping itu tak kalah penting menentukan ide, yang didapat dari mana saja, kemudian dibedah atau dikupas. Itu semua yang seringkali belum kita temukan.

Ada motivasi untuk berkarya  walau belum pernah membuat buku. Aku  menulis semaunya saja tanpa tata bahasa yang benar karena dibaca untuk diri sendiri. Namun akan kucoba membuat tulisan dengan motivasi bahwa semua buku layak untuk diterbitkan. Tantangan pelatihan online ini akan didampingi sampai membuat 1 buku. Alhamdulillah, semoga semua lancar.

Dalam menulis teman sejati penulis adalah laptop dan gadget. Saat ini teknologi begitu canggih. Berbeda zaman sebelumnya,  penulis harus membawa buku saku dan pena untuk menulis. Semangat jangan putus asa. Tak ada kata terlambat. Semangat!

Tentang Penulis:

Hj. Kahfi Sabariah, M.PFis adalah guru fisika di MAN 2 Jakarta.  Ia lahir di Jakarta pada 26 Februari 1969.  Pendidikan SLTA diselesaikan di SMA Negeri 21 Jakarta. Kemudian melanjutkan  jenjang D3 IKIP Jakarta jurusan fisika angkatan 88. Selepas itu Kahfi menamatkan jenjang S1 IKIP Jakarta angkatan 99. Terakhir gelar magister (S2) bidang fisika ia selesaikan pada kampus ternama yaitu Institut Teknologi Bandung  (ITB) angkatan 2007.

Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Tak Ada Kata Terlambat untuk Menulis

Sorry, comment are closed for this post.