makh
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PTK » Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta

Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta

(473 Views) October 4, 2020 3:08 pm | Published by | Comments Off on Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta

Oleh: Intan Irawati, S.Pd., M.Si. | Guru MAN 15 Jakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas XII dalam menghadapi UN fisika. Persiapan yang dilakukan melalui penerapan metode Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Tempat penelitian adalah MAN 15, Ciracas, Jakarta Timur dan subyek penelitian adalah 22 siswa kelas XII IPA-1 tahun ajaran 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap aktivitas siswa dan guru, angket, serta tes sebelum dan sesudah tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil analisis diperoleh kenaikan tes hasil belajar sebesar 123% dari skor rata-rata 32,72 menjadi 72,08. Analisis angket menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa (91,7%) merasa termotivasi dan bersemangat dalam belajar fisika serta lebih percaya diri dalam menghadapi UN Fisika setelah penerapan metode jigsaw.

Kata Kunci : metode jigsaw, motivasi, prestasi belajar, fisika

Abstract

This study was conducted to prepare the grade XII’s students in facing the Physics National Examination. The preparation was done with apply Jigsaw method in physics teaching learning. Its’ goal was to increase students’ motivation and achievement physics test. The place of study was in Senior Islamic High School State (MAN) 15, Ciracas, East Jakarta and the subject of this study was 22 students physics class XII science-1 school year 2013-2014. The study was Classroom Action Research (CAR) in two cycles. The data was collected by observation students and teacher sheets, questionnaire and achievement test. The data was analyzed by descriptive statistic. The result of study was increasing average test score 123% from 32.72 to 72.08. The questionnaire analyzed showed that almost all of students (91.7%) felt motivate and enthusiasm in learning physics after the study and also the students felt more confidence in facing Physics National Examination.

Keywords: achievement, Jigsaw method, motivation, physics

Isi PTK secara lebih lengkap disini.

Comment Closed: Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta

Sorry, comment are closed for this post.