makh
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kegiatan » Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran, IKAGUMI Gelar Workshop Nasional

Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran, IKAGUMI Gelar Workshop Nasional

(472 Views) October 2, 2020 9:42 am | Published by | Comments Off on Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran, IKAGUMI Gelar Workshop Nasional

Ikatan Guru Muda Indonesia (IKAGUMI), mulai aktif berkegiatan untuk meningkatkan kompetensi para guru. Salah satunya mengadakan kegiatan “Workshop Nasional (Webinar) Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran ” bekerjasama dengan Direktorat TIK UPI yang digelar di zoom meeting (17-20/6) lalu.

“Workshop dengan tema pemanfaatan kami gelar untuk memfasilitasi kebutuhan guru dalam dunia pendidikan. Selain itu sebagai media pembelajaran dan membangun branding diri aktivitas menulis para guru,” kata Imam Nasokh, Ketua Pantia.

Ia menjelaskan kegiatan diselenggarakan selama empat hari mulai 17-20 Juni 2020 dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Achmad Surur dari TIK UPI dan Sawali, guru blogger nasional. Kegiatan dilakukan secara daring dan luring dengan pola IN 1 On 1, IN 2 ON 2. Peserta yang mengikuti acara workshop sebanyak 167 orang yang berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Ketua Umum IKAGUMI, Deni Kurniawan As’ari dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur bahwa IKAGUMI mulai action dengan adanya kegiatan bagi guru. Selanjutnya ia memaparkan tentang latar belakang lahirnya IKAGUMI. “Persoalan pendidikan begitu kompleks. Kehadiran IKAGUMI diharapkan ikut berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan bersama organisasi lainnya,” terangnya. Deni menegaskan ke depan IKAGUMI berkomitmen untuk turut serta dalam meningkatkan mutu guru melalui berbagai kegiatan yang lebih banyak bersifat daring.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Direktur TIK UPI, Prof. Dr. H. Wawan Setiawan, M.Kom. Mengawali sambutannya Direktur TIK UPI memberikan apresiasi kepada IKAGUMI yang menginisiasi kegiatan workhop.

“Upaya-upaya untuk meningkatkan layanan kepada siswa terus dinamis dan terus bergerak karena dipicu oleh perkembangan teknologi sendiri. Workshop ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan personal skill para guru,” ujarnya. Ia menilai dengan adanya workshop, pengurus IKAGUMI dan para peserta tak ingin menyerah dengan keadaan. Terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi di tengah merebaknya covid 19. Terakhir Prof. Wawan selaku Direktur TIK UPI membuka kegiatan secara resmi.

Acara workshop dengan pola 32 jam tersebut dipandu oleh dua narsumber yang ahli dalam dunia blog. Keduanya adalah Ahmad Syukron Surur, MT divisi layanan dan pembelajaran digital TIK UPI dan Drs. Sawali, M.Pd seorang guru berprestasi nasional yang juga blogger terkenal. Para peserta dipandu secara bertahap membuat blog dengan basic blogspot.com dan wordpress.com. Selanjutnya blog digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan pada tahun pelajaran baru di era new normal. Para peserta Nampak antusias megikuti acara. Materi disajikan secara online aplikasi zoom. Selain itu peserta diberi tugas untuk pembuatan blog dan wajib dikumpulkan sebagai syarat kelulusan atau mendapat sertifikat.

Pengurus IKAGUMI memberikan piagam penghargaan dan doorprize kepada peserta yang berhasil membuat blog dan dinyatakan sebagai blog terbaik. Peserta yang beruntung tersebut adalah Silvia Putri Lestari, S.Pd. seorang guru dari SDN 3 Pedungan, Denpasar, Bali dengan alamat blog https://silviaputri1023.blogspot.com. (DKA/IKGM)

Tags:
Categorised in:

Comment Closed: Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran, IKAGUMI Gelar Workshop Nasional

Sorry, comment are closed for this post.